PURWA WACANA

Om Swastiastu,

Desa Pakraman Pedungan memiliki pengurus yang telah di pilih pada Sabtu, 26 Maret 2011 Dengan susunan pengurus sebagai berikut: Bendesa : Drs. I Nyoman Sumantra; Penyarikan: I Nyoman Subaga; Patengen : Drs. I Gusti Putu Loka, Patajuh Parhyangan : I Nyoman Jiwa Pande, S.Sos; Patajuh Pawongan : I Made Badra; Patajuh Palemahan : Ir. I Ketut Adhimastra, M.Erg; Kasinoman: I Made Suardana, SE

Om Santhi, santhi, santhi Om


Rabu, 23 September 2009

AKTIVITAS BULAN SEPTEMBER




Ada dua aktivitas yang dilaksanakan oleh Prajuru Desa Pakraman Pedungan dalam bulan September ini (Selasa, 22 September 2009). Pertama kunjungan ke Pura Penataran Dukuh Pesirahan dalam rangka maturan karena Renovasi Palebahan Pura sudah selesai dan rencananya akan dilanjutkan dengan acara pamelaspasan, kedua kunjungan ke Pura Dalem Desa Pakraman Serangan dalam rangka Nangun Unen-unen desa yang baru selesai di renovasi.
Renovasi di Pura Penataran Dukuh Pesirahan dilakukan seluruh pelinggih maupun di mandalanya (penyengker pura untuk di jeroan dan di jaba tengahnya). Ada semacam bentuk unik yang terlihat dalam acara pamelaspasan di pura ini, yakni adanya gebogan salaran buah berbentuk seperti barong. Gebogan Salaran buah ini merupakan aturan yang datang dari tukang batu yang mengerjakan renovasi itu.
Unen-unen di desa Pakraman Serangan konon menurut petajuh parhyangan dulunya berada atau dilinggihkan di Pura Desa, namun karena tempat disana sudah sesak dan ada rencana akan merenovasi pura Desa maka unen-unen bersangkutan yang merupakan druwe desa ditempatkan di pura Dalem. Sesuai jadwal, rencana pamasupatian unen-unen akan dilakukan hari Rabu 23 September 2009 besok dan Ida Betara Nyejer hingga tanggal 26 September 2009 bersamaan dengan acara pertunjukkan Calonarang di Pura Dalem.
Keterangan foto:
  1. Pelinggih Gedong Utama di Pura Penataran Dukuh Pesirahan
  2. Jro Bendesa dengan pengemong Pura Penataran Dukuh Pesirahan
  3. Gebogan Salaran Buah, aturan dari Tukang Batu Karangasem
  4. Pelinggih Gedong Dalem Desa Pakraman Serangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar