PURWA WACANA

Om Swastiastu,

Desa Pakraman Pedungan memiliki pengurus yang telah di pilih pada Sabtu, 26 Maret 2011 Dengan susunan pengurus sebagai berikut: Bendesa : Drs. I Nyoman Sumantra; Penyarikan: I Nyoman Subaga; Patengen : Drs. I Gusti Putu Loka, Patajuh Parhyangan : I Nyoman Jiwa Pande, S.Sos; Patajuh Pawongan : I Made Badra; Patajuh Palemahan : Ir. I Ketut Adhimastra, M.Erg; Kasinoman: I Made Suardana, SE

Om Santhi, santhi, santhi Om


Rabu, 21 Oktober 2009

TANGKIL KE PURA BARONG-BARONG

Sebagaimana rutin dilakukan oleh Masyarakat Desa Pakraman Pedungan, khususnya para pengemong Pura Dalem Pakerisan, senantiasa setiap tahunnya Saniscara Pon Galungan Ida Betara Unen-unen di Pura Dalem Pakerisan tangkil ke Pura Barong-Barong di Sawangan Nusa Dua.
Sesuai dengan arahan Jro Bendesa dalam rapat atau Paruman Pah 3 dimana Rencana Sesuhunan atau Unen-unen Ida Betara ring Dalem akan tangkil ke Pura Barong-Barong pada hari Sabtu 17 Oktober 2009, untuk itu disarankan kepada para kelihan banjar maupun prajuru untuk ikut dalam proses tangkil ke Pura tersebut, sedangkan kepada pihak pengemong Pura Dalem serta warga banjar Kepisah yang bertugas mempersiapkan segala kebutuhan proses ini. Untuk ida dane krama Pedungan dipersilakan ikut matur sembah ke Pura Barong-barong yang rencananya akan berangkat pada pukul 14.00 wita.
Dalam awal persiapannya, pada tanggal 10 Oktober 2009 prajuru desa bersama Klian Banjar Kepisah serta Pangemong Pura Dalem Pakerisan berangkat ke Bualu maupun Sawangan guna "Ngentenin" dan sekaligus mohon agar mempersiapkan perangkat upakara yang dibutuhkan di Pura Dalem Songit; Parerepan Bualu; Pura Penataran di Sawangan dan utamanya di Pura Barong-Barong.
Acara tangkil ke Pura Barong-Barong ini berjalan lancar, diikuti oleh pemedek dari masyarakat Pedungan, hampir dari seluruh banjar Pedungan tangkil dan mengikuti prosesi upacara ini sekalipun mereka tidak mengikuti hingga usai upacara yakni jam 3 pagi esoknya Minggu 18 Oktober 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar